Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi

Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi  adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) sejak tahun 2017 oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini bekerjasama dengan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia(ISKI) sejak tahun 2019. Jurnal ini menerbitkan artikel hasil penelitian untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam fokus ilmu komunikasi dengan Lingkup kajian jurnal ini adalah :

  1. Media Massa dan Jurnalisme; bidang ini mengkaji kegiatan jurnalistik dan produksi media yang meliputi media cetak, radio, televisi, dan internet.
  2. Media baru dan teknologi komunikasi; bidang kajian komunikasi baru yang terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat, bidang ini meliputi media digital, virtual, interaktif, hipertekstual dan berjejaring.
  3. Hubungan Masyarakat; bidang komunikasi ini mengkaji tentang Public Relations yang meliputi hubungan internal dan eksternal dalam suatu organisasi atau lembaga, serta penciptaan opini public dalam suatu masyarakat.
  4. Komunikasi Dakwah; komunikasi yang diterapkan dalam aktifitas Dakwah melalui media ataupun dalam suatu lingkup masyarakat tertentu.
  5. Komunikasi Politik; komunikasi yang melibatkan pesan, media dan aktor politik atau yang terkait dengan kekuasaan, pemerintah, dan kebijakan.
  6. Komunikasi Pemasaran; bidang yang mengkaji gagasan, informasi, peluang dan tantangan melalui berbagai symbol untuk tercapainya tujuan perusahaan.

Setiap naskah yang dikirimkan ke jurnal ini harus mengikuti pedoman penulisan. Naskah akan discreening dan direview oleh mitra bebestari. Proses review menggunakan sistem double blind review, artinya penulis tidak mengetahui siapa yang menilai naskahnya dan demikian pula mitra bebestari tidak mengetahui siapa penulis naskah yang dinilainya. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi  telah menjadi anggota CrossRef Member sejak tahun 2017. Dengan demikian setiap naskah yang diterbitkan di Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi  memiliki Nomor DOI.

Abstracting/Indexing:

 


Journal Homepage Image

 

 


Announcements

 
No announcements have been published.
 
More Announcements...

Vol 3, No 1 (2019): Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi

Table of Contents

Articles

Umi Rojiati
PDF
1-16
Enjang Muhaemin, Irfan Sanusi
PDF
17-34
Pemikiran Parni Hadi tentang Jurnalisme
| Abstract views: 43 | PDF views: 29
Feri Purnama
PDF
35-52
M. Alfian Hasybullah
PDF
53-68
Khoiruddin Muchtar, Aliyudin Aliyudin
PDF
69-90
Nur Hamidah Zulaikha
PDF
91-110